Langsung ke konten utama

Solo: Hik, Nasi Liwet, Mie Ayam dan Bang Jo

Manusia itu makhluk pelupa, tapi tak ada yang hilang begitu saja. Memori berubah menjadi kenangan, terpendam tertata rapi dalam arsip ingatan. Kenangan dapat "dipanggil" kembali, melalui letupan-letupan simbol, kode, atau momen yang dialami.

Dee dalam filosofi kopi mengatakan, keheningan mengapungkan kenangan, mengembalikan cinta yang hilang, menerbangkan amarah, mengulang manis keberhasilan dan indahnya kegagalan. Keheningan membantu kita menghadirkan kenangan-kenangan.

Saya tengah mengalami momen ini, kuliah dan tinggal beberapa waktu di solo, menumbuhkan bangunan-bangunan kenangan, belukar memori juga sejumput kerinduan. Dan, ia membisiki dan meminta di tuntaskan!.


***

Beberapa hari ini, teman mengirimi saya beberapa foto, identik dengan solo. Praktis, ingatan-ingatan tentang solo tergerek ke permukaan. Mengapung dan Saya kangen solo!. Dari tulisan kiriman salam hingga foto nasi liwet, berhasil membuka peti kenangan tentang solo dalam arsip ingatan saya.

Bukannya apa-apa, selain kenangan tentang kota asal presiden joko widodo, kota ini juga memberi berkas lini masa perjuangan saya menempuh pendidikan disana. 

Tapi bukan soal itu, saya ingin bercerita tentang yang saya tulis di judul. Mulai satu-satu yaa...

Hik, ini semacam tempat para anak kost mensuplai gizi mereka. Dari kost saya, hanya berjarak sepelemparan batu dengan lokasinya, saya sering "ngabsen" makan disitu. Hik, semacam lapak jualan yang didalamnya ada bermacam makanan 3 M (Murah, Meriah dan Mengeyangkan). Menu utamanya adalah susu sapi segar, tinggal sedikit modifikasi maka jadilah ia macam-macam menu. Saya paling suka, soda gembira!, campuran antara susu, sirop, soda dan batu es. Ngilerrr...!!!

Nasi liwet, makanan dengan rasa gurih dan kesederhanaanya itu begitu menggoda. Saya lalu mengingat, seorang ibu yang layaknya orang tua kami disana, penjual nasi liwet, ibu mambo namanya. Selain, nikmat rasa nasi liwetnya yang enak, nasehat-nasehat dan senyumnya kepada saya dan kawan ketika bertemu beliau. Pernah sekali, bahkan beberapa kali kerumahnya dan beliau begitu ramah. Ini saya nilai dari makanan yang disajikan ketika kami bertamu. Hehehe...

Mie Ayam. Nah ini saya pernah bertanya, di daerah saya ada namanya mie ayam solo. Tapi di solo, kok yak ada mie ayam solo, hanya mie ayam saja. Seperti Bu Mambo, mie ayam ini saya punya mama angkat juga, namanya Ibu Sugiyem. Hal paling saya sukai dan jadi moment dalam ingatan saya, senyum dan "cerewetnya" yang membuat saya selalu bahagia bertemu beliau ini. Dan, tentunya selalu ada  mie ayam gratis. Apa yang membuat saya berkata bahwa mie ayam tidak enak? Gratis kok!.

Bang Jo!. Untuk yang satu ini, bukan makanan. Saa punya pengalaman dengan istilah ini, awal waktu datang ke solo dan bertanya ke seseorang di jalan perihal alamat. Salah satu arah yang dia sebut adalah bang jo, pikir saya ini adalah nama orang. Begitulah, cerita selanjutnya saya tak bertemu dengan yang saya cari, seseorang dengan bang jo yang disebutkan tak jua saya ketemui. Belakangan saya baru tahu, kalau bang jo adalah Lampu Lalu Lintas. 

Yang menarik dari bang jo adalah angkringan. Kebetulan depan lorong kost saya ada angkringan dan itu tepat berseblahan dengan bang jo. Nah, hampir tiap malam saya nongkrong disitu, melihat lalu lalang orang-orang, juga yang seru adalah halte bus samping bang jo, selalu ditempati muda-mudi yang pacaran, maka sambil ngopi di angkringan sambil nonton film muda-mudi pacaran (uppsss!).

Selain diatas, masih banyak lagi kenangan tentang kota dengan motto sprit of java ini.


***

Kenangan dan luapan emosi yang terbangun tentang itu, harus dituntaskan. Layaknya rindu, ia harus terbayar lunas. 

Jadi Bro La Oti Agus, yang sudah mengirimi foto salam dari solo. Lalu, Ibu Kosilah, yang mengirimi foto nasi liwet. Atas luapan kenangan dan apungan memori tentang solo yang kalian lakukan, harus di bayar tuntas ya...hahaha...

Komentar

Tulisan Populer

JANGAN MENGUTUK SEPI DI TENGAH KERAMAIAN

Merasa sepi adalah bagian dari esensi kepemilikan rasa oleh manusia, namun terkadang perasaan sepi menjadi bagian penghalang terhadap sesuatu yang lebih produktif. Perasaan sepi setidaknya pernah dirasa oleh setiap manusia. Berbagai macam alasan bisa muncul dari adanya perasaan sepi ini, mulai dari sesuatu yang termiliki hingga sesuatu yang menyangkut posisi keberadaan makhluk. Namun perasaan sepi dimaksud disini adalah perasaan sepi yang lain, bukan karena kesendirian disuatu tempat, tapi lebih menyangkut sesuatu yang termiliki dalam rasa (baca: hati).

Nyanyian Bocah Tepi Pantai

Gambar disini Diantara bagian pulau yang menjorok kelaut, terselip sebuah kehidupan manusia sederhana. Bocah-bocah manusia yang menggambar masa depannya melalui langkah-langkah diatas pasir, mempelajari kehidupan dari nyanyian angin laut, dan menulisakan kisah melalui deburan ombak yang mengajari menggaris tepi daratan dengan buihnya. Hari-harinya dilakukan dilaut, berkomunikasi dengan laut sekitar. Setiap hal diberikan oleh laut, kecuali sesuatu yang selalu dinantikan mereka, sesuatu yang selalu dinanti anak manusia dalam hidup, dan menjadi kehidupan bagi generasinya mendatang, yakni sesuatu yang berwujud kesempatan. Kesempatan yang disebut kasih sayang Ina’ [1] mereka.