Langsung ke konten utama

Ruang Sepi; Memilih Menjadi Relawan

Beberapa orang pernah bertanya, kenapa perlu membela palestina bukankah tetangga kita masih banyak yang perlu dibantu?, atau Palestina itu jauh, yang dekat-dekat saja dibantu?. Pertanyaaan seperti ini cukup telak memang, bagaimana saya mencoba merespon ini?

Tidak setiap orang mungkin paham, dan memiliki persepsi yang sama tentang suatu hal. Tugas relawan, bukan saja berhadapan dengan tugas-tugas sukarela, namun juga ikut memberi pengetahuan tentang tujuan kerja-kerja relawan. Yahh...ini pun kita harus lakoni dalam giat-giat kegiatan KNRP Baubau.

Saya memiliki beberapa catatan, jika berhadapan dengan kondisi tersebut. Tak perlu, saling ngotot beradu argumen, cukup tetap tenang menjelaskan. Soal si dia mengerti atau paham, biar garis hidayah oleh Allah dibukakan untuknya. Bagaimana itu, begini ceritanya;

Pertama; Membela Palestine, bukan berarti mengabaikan tetangga kita yang juga membutuhkan. Toh, soal bantu membantu ini baiknya disimpan sebagai deposit amal, bukan pemenuh bentang foto unggahan di medsos kita.

Kedua; membela palestine, ini soal ke-gawat daruratan sebuah fenomena. Kita boleh miskin di negeri ini, tapi masih bisa berusaha dengan aman, tidur dengan aman, dan masih bisa memiliki indeks kebahagiaan yang tinggi. Tapi, di palestina jangankan miskin, mereka pun berkekurangan juga yang paling penting boleh jadi tak ada kata aman. Hidup ditengah kekhawatiran, tentu memiliki masalah gawat darurat tersendiri. Dan itu terjadi di palestine.

Ketiga; membela palestine, bukan saja soal saudara muslim atau alasan kemanusiaan belaka. Tapi ini soal, kita tengah belajar proses berjuang, melalui dukungan materiil dan moril. Boleh jadi, kita hanya serupa pasukan yang hanya mengumpulkan kerikil buat amunis mereka digaris depan perjuangan. tapi setidaknya kita tahu sebelah mana kita berpihak.

Keempat; menjadi relawan itu serupa berjalan dalam jalan sepi, namun memiliki tanggung jawab yang besar. Untuk itu, para relawan adalah mereka yang tangguh. Bukan soal menjalankan program dan menggorganisir kegiatan belaka. Namun juga bertanggungjawab kepada masyarakat sekitar sekaligus.

Berhadapan dengan kepentingan pribadi, keluarga, pekerjaan dan lingkungan sosial diri bukan soal ecek-ecek. Galau iya, bimbang pasti namun selalu tak lupa bahagia. Apalagi jalan relawan adalah jalan jodoh eehh, soal yang ini skip saja.

Jangan tanya soal kesejahteraan pada relawan, senyum bahagia orang yang ditolongnya boleh jadi harta yang perompak manapun tak bisa mencurinya, pun tak ada mall termegah yang sanggup menghisap habisnya dalam sejumlah sale dan diskon menggiurkan.

..nb..;Bahagia mengenal kalian relawan KNRP BAUBAU
kalian jangan lupa bahagia yaa..

Komentar

Tulisan Populer

JANGAN MENGUTUK SEPI DI TENGAH KERAMAIAN

Merasa sepi adalah bagian dari esensi kepemilikan rasa oleh manusia, namun terkadang perasaan sepi menjadi bagian penghalang terhadap sesuatu yang lebih produktif. Perasaan sepi setidaknya pernah dirasa oleh setiap manusia. Berbagai macam alasan bisa muncul dari adanya perasaan sepi ini, mulai dari sesuatu yang termiliki hingga sesuatu yang menyangkut posisi keberadaan makhluk. Namun perasaan sepi dimaksud disini adalah perasaan sepi yang lain, bukan karena kesendirian disuatu tempat, tapi lebih menyangkut sesuatu yang termiliki dalam rasa (baca: hati).

Nyanyian Bocah Tepi Pantai

Gambar disini Diantara bagian pulau yang menjorok kelaut, terselip sebuah kehidupan manusia sederhana. Bocah-bocah manusia yang menggambar masa depannya melalui langkah-langkah diatas pasir, mempelajari kehidupan dari nyanyian angin laut, dan menulisakan kisah melalui deburan ombak yang mengajari menggaris tepi daratan dengan buihnya. Hari-harinya dilakukan dilaut, berkomunikasi dengan laut sekitar. Setiap hal diberikan oleh laut, kecuali sesuatu yang selalu dinantikan mereka, sesuatu yang selalu dinanti anak manusia dalam hidup, dan menjadi kehidupan bagi generasinya mendatang, yakni sesuatu yang berwujud kesempatan. Kesempatan yang disebut kasih sayang Ina’ [1] mereka.