Langsung ke konten utama

Menemu Harapan

Seringkali saya dibuat jengkel dengan keberadaan baliho para calon anggota legislatif (caleg) pemilu 2014 nanti. bukannya apa, hampir setiap sudut ada pajangan baliho berbagai ukuran bahkan di beberapa dinding, tiang listrik, pagar juga tidak luput dari tempelan stiker caleg. momentumnya memang pas, yakni menjelang pemilu 2014 yang akan dilakukan pada bulan april nanti. 

Namun baliho hingga stiker itu, sangat mengganggu penglihatan kita. sampah visual seakan ikut-ikutan mengganggu kenyamanan kita selain sampah hasil sisa rumah tangga dan industri. disisi lain juga, cara menenpatkan baliho itu juga kayak tidak memiliki estetikanya, asal bisa terpampang dan terlihat orang banyak saja, maka akan ditempel disitu.
Selain itu, disini juga sedang marak pemberitaan miring beberapa caleg ini. mulai dari kasus perjudian, selingkuh, money politic, dan berbagai isue miring lainnya. bahkan selentingan seruan golput banyak di gaungkan di beberapa grup media sosial masyarakat di sini. ini semakin menjengkelkan bukan? jadi wajar saja jamak orang berpikiran seperti itu.

Saya juga heran, dengan modal uang dikota ini kita bisa mendapatkan segalanya. makanya, nilai citra ataupun program yang diangkat oleh para caleg disini juga cuman hanya sebagai pelengkap. karena kita tahu, kalau uang akan lebih menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah. kita tidak bisa terlepas dari ini untuk saat ini, wajar saja siapa yang tidak mau uang.

ditambah lagi pada beberapa perekrutan pegawai, apalagi saat ini dipahami betul tentang penerimaan tenaga honorer. bahkan bukan rahasia lagi kalau mau lulus, jelas kita harus punya bekingan dibelakang orang penting dan sejulah materi (uang) sebagai bentuk sogokan. saya juga sempat ditawari oleh seorang kerabat untuk menjadi pegawai, dengan bayaran puluhan juta. namun pembayaran dibayarkan setelah lulus tes, bukannya ini sama saja?

Tentu kasus ini seakan tidak akan habisnya, proses apapun yang dilewati, titel apapun yang dipunyai akan tetap ditentukan dengan besaran dana sebagai supporting behind the chance. Ketika menuliskan ini, didasarkan pada beberapa bacaan dari komentar warga bahwa pemilu nanti golput saja. tidak ada yang bisa dipercaya lagi akan membawa perubahan, dengan niatan yang baik, dan ikhlas. para caleg saat ini malah ikut-ikutan menjadi mafia di daerahnya, menghisap penghidupan masyarakatnya.

Tapi saya berpikir bahwa, masih ada kok orang-orang yang masih menginginkan kebaikan bersama, orang yang melampaui kemampuannya hanya untuk bisa membantu sesamanya, orang yang masih berpikir bahwa masih ada generasi setelahnya yang akan menuai apa yang dilakukannya hari ini. seperti sejumlah caleg di Kota ini, pemberitaan miring tentang mereka memang banyak, namun masih ada kok yang dengan niatan ikhlas untuk bisa berbuat untuk semuanya.

saya masih yakin, masih ada orang-orang seperti itu. walaupun kemudian hari ini mereka tertutupi dengan kedigdayaan mereka yang punya modal besar namun niatan yang dipertanyakan. mungkin di beberapa caleg kita bisa menemui mereka, hanya saja kita masih saja terbatas memahami itu, atau mereka yang memang tidak mampu memunculkan diri secara masif ke publik.

Insya Allah saya masih percaya, masih banyak mutiara-mutiara perubahan di kota ini. masih ada para penebar benih-benih kebaikan bersama, yang selalu mengusakan sesuatu untuk sekitarnya sekalipun kemudian dia harus bersusah payah. saya yakin, Tuhan tidak pernah menyia-nyiakan apa yang dilakukan hambaNya, bahkan Tuhan tidak pernah menempatkan orang-orang jahat disatu tempat tampa menempatkan mereka yang baik-baik disitu dengan porsi yang sama.

#Ceracau Rabu Siang.

Komentar

Tulisan Populer

JANGAN MENGUTUK SEPI DI TENGAH KERAMAIAN

Merasa sepi adalah bagian dari esensi kepemilikan rasa oleh manusia, namun terkadang perasaan sepi menjadi bagian penghalang terhadap sesuatu yang lebih produktif. Perasaan sepi setidaknya pernah dirasa oleh setiap manusia. Berbagai macam alasan bisa muncul dari adanya perasaan sepi ini, mulai dari sesuatu yang termiliki hingga sesuatu yang menyangkut posisi keberadaan makhluk. Namun perasaan sepi dimaksud disini adalah perasaan sepi yang lain, bukan karena kesendirian disuatu tempat, tapi lebih menyangkut sesuatu yang termiliki dalam rasa (baca: hati).

Nyanyian Bocah Tepi Pantai

Gambar disini Diantara bagian pulau yang menjorok kelaut, terselip sebuah kehidupan manusia sederhana. Bocah-bocah manusia yang menggambar masa depannya melalui langkah-langkah diatas pasir, mempelajari kehidupan dari nyanyian angin laut, dan menulisakan kisah melalui deburan ombak yang mengajari menggaris tepi daratan dengan buihnya. Hari-harinya dilakukan dilaut, berkomunikasi dengan laut sekitar. Setiap hal diberikan oleh laut, kecuali sesuatu yang selalu dinantikan mereka, sesuatu yang selalu dinanti anak manusia dalam hidup, dan menjadi kehidupan bagi generasinya mendatang, yakni sesuatu yang berwujud kesempatan. Kesempatan yang disebut kasih sayang Ina’ [1] mereka.