Langsung ke konten utama

Belajar Membaca




Kita belajar apa hari ini, kek?

Belajar melihat pada sisi yang lain...cu!
tentang apa, kek?
Banjir, cu!

hari ini setiap orang bicara tentang banjir, menyatakan ini sebagai bencana, bahkan sibuk menyalahkan sana sini, saling cela dan lempar tanggung jawab. hari ini kita akan belajar untuk melihat dari sisi yang lain tentang banjir ..cu!

Bagaimana, Kek?

Banjir itu, berkah cu! ya berkah...bagi semua.

alasannya sederhana, Banjir cuman datang waktu musim hujan (langka) namanya langka, berarti dia berharga. Banjir, menyadarkan kita bahwa ada sesuatu yang tersumbat di kehidupan kita, Banjir menjadi berkah bagi mereka pencari berita dengan liputannya, Banjir memberi rejeki bagi mereka yang sadar, Banjir memberi tugas mereka yang hari-harinya makan gaji buta, Banjir menyadarkan mereka yang tiap hari nyaman dengan kendaraannya bahwa hari ini harta miliknya itu tidak ada apa-apanya di atas banjir, Banjir itu menyadarkan kita bahwa apa yang menjadi isi dalam kantong-kantong kita, itu ada bagian atau rejeki dari orang lain,  Banjir menyadarkan kita bahwa semesta yang kita pijak hari ini tidak melulu mempasrahkan diri menerima kelaliman kita terhadapnya, dan yang lebih penting bahwa Banjir adalah bentuk kasih sayang Tuhan terhadap Hamba-Nya yang saat ini mulai melupa keberadaanya dan Nya.

Ingatlah Cu! (faqad arafa nafsahu, arafa rabbahu)
Siapa mengenal dirinya maka akan mengenal Tuhan-nya, manusia terkadang congkak dan saling menyalahkan atas sesuatu yang terjadi. bahkan kadang mulai melupa terhadap Tuhannya, seakan-akan apa yang ada di alam ini merupakan bagian yang terpisah dengan Sang Khalik. mereka menjadi Tuhan atas diri dan lingkungannya sendiri, istilahnya sekuler. bahkan kebanyakan yang mulai mempertanyakan keberadaan Tuhan mereka, ada tidak.

Begitulah cu! kita memang diciptakan Oleh-Nya dengan kerangka akal dan nafsu, hal ini yang disebutkan bahwa manusia sebagai khalifah di muka bumi, bahkan Iblis dan Malaikat diminta bersujud pada manusia hanya karena kita manusia di beri pengetahuan tentang nama-nama. namun juga. namun kecongkakan yang dimiliki manusia kadang membuat Iblis iri dan Malaikat menangis. ketika alam semesta di beri amanah oleh Allah, hanya manusia yang "ngaku" mampu untuk itu. namun tidak ada yang salah dengan penciptaan Manusia dengan segala potensi kebaikan dan potensi keburukan yang dimilikinya. hanya saja selalu kita di seru untuk membaca, berpikir, sehingga menjadi beruntung.

Berpikir positif terhadap sesuatu, merupakan ajaran agama kita. maka, hari ini sesuatu yang disebut orang-orang sebagai bencana kenapa kita tidak melihat sebagai sebuah anugerah dan sebagai bentuk lain kasih sayang Tuhan untuk menegur Hamba-Nya yang melupa. bukankah sekiranya setiap ranting di semesta dijadikan pena dan air seluruhnya dijadikan tinta, maka tidak akan cukup untuk mencatat nikmat-Nya untuk kita. dan Tuhan berpesan, jika kamu bersyukur maka akan Kutambahkan nikmat-Ku.

Banjir hari ini, memberikan pelajaran yang banyak cu!.
melihatlah dari sisi yang berbeda, dan syukuri setiap apa yang "mengajar"kanmu terhadap sesuatu. bergurulah pada semesta.

iye, kek!



gambar dari sini

Komentar

Tulisan Populer

Katange dan Ekspresi Cinta Ala Orang Buton

Jika anda orang buton, tentu tak asing dengan istilah katange. Sedikit memberi penjelasan, bahwa katange itu sebutan untuk bingkisan makanan yang dibawa pulang oleh tamu setelah menghadiri hajatan. Nah, dalam beberapa hajatan masyarakat buton, biasanya katange ini menjadi aturan wajib bagi tamu untuk dibawa pulang. Pernah tinggal dan berinteraksi dengan orang jawa, selama beberapa tahun di solo untuk berkuliah. Saya pun mendapati hal seperti ini, hadiri tahlilan pulang-pulang di beri sekantong roti. Ini berkah bagi anak kost. Setidaknya kopi manis jomblo dipagi hari kita, kini gak jomblo lagi dengan kehadiran roti dari tahlilan. Entah namanya apa?, tapi di buton itu disebut katange. Saya paling suka bagian ini. Dahulu, ketika bapak atau kakek atau siapapun itu, selepas pulang dari hajatan (orang buton menyebutnya haroa) pasti menentenga tas plastik berisi macam-macam penganan khas orang buton. Sasaran incar saya, kalau bukan onde-onde yaaa....pisang goreng tanpa tepung, atau disebut

JANGAN MENGUTUK SEPI DI TENGAH KERAMAIAN

Merasa sepi adalah bagian dari esensi kepemilikan rasa oleh manusia, namun terkadang perasaan sepi menjadi bagian penghalang terhadap sesuatu yang lebih produktif. Perasaan sepi setidaknya pernah dirasa oleh setiap manusia. Berbagai macam alasan bisa muncul dari adanya perasaan sepi ini, mulai dari sesuatu yang termiliki hingga sesuatu yang menyangkut posisi keberadaan makhluk. Namun perasaan sepi dimaksud disini adalah perasaan sepi yang lain, bukan karena kesendirian disuatu tempat, tapi lebih menyangkut sesuatu yang termiliki dalam rasa (baca: hati).

Nyanyian Bocah Tepi Pantai

Gambar disini Diantara bagian pulau yang menjorok kelaut, terselip sebuah kehidupan manusia sederhana. Bocah-bocah manusia yang menggambar masa depannya melalui langkah-langkah diatas pasir, mempelajari kehidupan dari nyanyian angin laut, dan menulisakan kisah melalui deburan ombak yang mengajari menggaris tepi daratan dengan buihnya. Hari-harinya dilakukan dilaut, berkomunikasi dengan laut sekitar. Setiap hal diberikan oleh laut, kecuali sesuatu yang selalu dinantikan mereka, sesuatu yang selalu dinanti anak manusia dalam hidup, dan menjadi kehidupan bagi generasinya mendatang, yakni sesuatu yang berwujud kesempatan. Kesempatan yang disebut kasih sayang Ina’ [1] mereka.