Langsung ke konten utama

Mace Sani : Brigade Penyelamat Perut Mahasiswa




Mace Sani, seorang penjual makanan di kantin bawah tanah Fakultas Ekonomi UNHAS. Entah kenapa tiba-tiba saya teringat sama mace yang satu ini, mungkin karena tadi saling komentar status FB teman yang membahas menganai tanggal tua dan Indomie. Mahasiswa tentunya lekat sama yang namanya Indomie, selain murah cukuplah untuk membentuk perasaan kenyang di perut.

Mahasiswa memang tak pernah diperhadapkan dengan tanggal muda maupun tanggal tua, semuanya menurutku sama saja. Hanya saja, akan berbeda dengan bagaimana kita menanggapi posisi sekarat tersebut. Waktu kuliah di Unhas pada Jurusan Politik Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Keadaan sekarat pada akhir bulan rutin dijalani, bahkan pernah tinggal 1000 rupiah uang dikantong. Dan sasaran empuk adalah kost teman, organisasi, pilihan terakhir adalah air galon. Mengenyangkan perut dengan air saja, hehehe.....untuk pilihan kedua diatas, tidak sepenuhnya juga begitu, tapi salah satu hal menguntungkan dalam berorganisasi adalah bisa makan bareng dan cukup hemat.

Kembali ke persoalan Mace Sani, salah satu pelarian kalau lagi dalam keadaan sekarat adaah di Mace Sani ini. makan boleh utang dulu, itupun makanannya ambil sendiri jadi porsinya bisa sekaligus makan siang dan makan malam (hanya orang-orang tertentu saja yang boleh menyendok makanan sendiri). Itulah Mace Sani, orangnya baik juga sedikit cerewet dan juga agak kurang dalam pendengaran. Kami seringkali bercanda dengan dia, yaa...mungkin karena cerewetnya dia makanya nyambung dengan kita. Apalagi kadang-kadang yang dia bicarakan agak tidak nyambung maksud dan tujuannya kemana, mungkin karena kurang pendengaran tadi atau kurang “penuh” heheh...

Begitulah Mace Sani, kadang ketika kantong menipis kita bisa saja makan gratis. Caranya menemaninya cerita hingga sore menjelang tutup, biasanya ada makanan yang tidak terjual, nah biasanya ini menjadi santapan kita lah heheh....(ide briliant). Biasanya kalau mau pulang dan melihat kita masih nongkrong. Mace Sani bilang “makan moko, ndak adami juga pembeli..ndak usah moko bayar ki”.
Mace sani memberi kesan, tapi selalunya kita datang mengerjainya. Makanya ketika lapar selalunya datang ke tempat dia. dia pun tahu kalau misalnya ada kita lagi dapat beasiswa, karena pasti menu makannya berubah. Nasi telor atau nasi goreng bisa berubah menjadi nasi ayam trus pake jus. Hehehe...!. atau pas habis menerima kiriman, pasti makannya agak “berbobot”. Kalau ada teman yang ulang tahun pun begitu, pasti makannya di mace sani.

Padahal sebelumnya, kami selalu makan di kantin ramsis. Mungkin karena waktu itu kami masih Mahasiswa Baru dan agak segan untuk makan bersama senior di kantin kampus. Makanya larinya ke kantin ramsis depan fakultas. Nah, semenjak perkenalan dengan Mace Sani-lah akhirnya hati ini tertambat oleh warungnya (lebay). Bahkan hingga akhirnya kuliah selesai dan wisuda, saya ingat kalau Mace Sani saya cantumkan di kata pengantar skripsi saya.

Mace Sani dan warungnya, adalah barisan penyelamat perut jika sedang kantong sekarat (mahasiswa kan). keuntungan makan disana adalah Bisa ngutang, boleh makan gratis (kalau mace lagi senang), atau boleh lupa membayar dan saya sering melakukan ini, mudah-mudahan semuanya sudah dilunasi (seingat saya begitu).

Pernah malah Mace Sani ke Kendari dan dia menelepon saya, katanya mau ketemu. Padahal diawal saya kasih tau kalau saya di Baubau, dan jauh dari kendari. Di kendari katanya ada saudaranya disana dan dia datang berkunjung ke saudaranya. Mungkin dikiranya Baubau dan Kendari itu sama saja karena sama-sama Sulawesi Tenggara.wadohh.... Pas ketemu di kampus setelah dia pulang dari Kendari, hanya tertawanya yang besar saja dia nampakkan, dengan logat Makassar dia bilang, “saya kira ko di kendari, makanya kutelpon ko? Jauh ki ka, kampun mu dengan Kendari? Ahahahaha....

Mace Sani, Mace Sani....semoga kamu sehat disana, terimakasih atas suguhan makanan, dan keramahan juga toleransi pembayarannya ya....heheh J

Surakarta, 26 Desember  2012

Komentar

Tulisan Populer

JANGAN MENGUTUK SEPI DI TENGAH KERAMAIAN

Merasa sepi adalah bagian dari esensi kepemilikan rasa oleh manusia, namun terkadang perasaan sepi menjadi bagian penghalang terhadap sesuatu yang lebih produktif. Perasaan sepi setidaknya pernah dirasa oleh setiap manusia. Berbagai macam alasan bisa muncul dari adanya perasaan sepi ini, mulai dari sesuatu yang termiliki hingga sesuatu yang menyangkut posisi keberadaan makhluk. Namun perasaan sepi dimaksud disini adalah perasaan sepi yang lain, bukan karena kesendirian disuatu tempat, tapi lebih menyangkut sesuatu yang termiliki dalam rasa (baca: hati).

Nyanyian Bocah Tepi Pantai

Gambar disini Diantara bagian pulau yang menjorok kelaut, terselip sebuah kehidupan manusia sederhana. Bocah-bocah manusia yang menggambar masa depannya melalui langkah-langkah diatas pasir, mempelajari kehidupan dari nyanyian angin laut, dan menulisakan kisah melalui deburan ombak yang mengajari menggaris tepi daratan dengan buihnya. Hari-harinya dilakukan dilaut, berkomunikasi dengan laut sekitar. Setiap hal diberikan oleh laut, kecuali sesuatu yang selalu dinantikan mereka, sesuatu yang selalu dinanti anak manusia dalam hidup, dan menjadi kehidupan bagi generasinya mendatang, yakni sesuatu yang berwujud kesempatan. Kesempatan yang disebut kasih sayang Ina’ [1] mereka.