Langsung ke konten utama

Tentang Mem-"bully" yang Baik

Apa iya ada “bully” yang baik?, kita paham kan, kalau membully itu artinya apa? Orang buton bilang “ganggu-ganggu”, dan rasanya tidak enak memang.

Sujiwo Tedjo atau biasa dipanggil mbah tedjo dalam salah satu bukunya “Republik Jancukers” menulis tentang bully namun dalam pengertian lain. Saya memahami sesuatu dari apa yang dituliskannya tentang bully itu bisa juga berarti mendidik dalam konotasi positif. Seperti yang dicontohkannya, bahwa bully ini semacam penggemblengan secara semi-semi militer untuk mengenali habitat baru.

Nah, bagaimana jika sekiranya bully atau dengan kata lain “mendidik” ini dikaitkan dengan proses mencari mertua atau sebaliknya- seleksi menantu misalnya?. Menurut saya boleh-boleh saja sepanjang masih dalam batas yang adil. Bahwa setiap lelaki yang mendekati anak gadisnya, diperlakukan bully dengan takaran dan nilau yang sama. Saya mengingat sebuah pengalaman teman dan mendengar beberapa cerita orang, bahwa untuk bertemu bapak si gadis pujaannya saja, sudah buat degup jantung tidak simetris, tambah lagi ada prosesi bully seperti yang dibahas tadi, alamaaakk….(jantung saya, berdegup semacam genderang tari mangaru). Bagaimana jadinya saya nanti, ya..? heheh..

Tapi disatu sisi menarik juga, setidaknya ini uji nyali-lah, bagi siapapun (saya juga heheh) dalam proses memperjuangkan cinta halalnya, eciyeeee…… Iya sih, masa demi cinta tidak mau berkorban (tapi dengan catatan sih, berkorbannya seperti apa…heheh). Okelah, jika ini tentang nyali seperti kata mbah tedjo, “kalau memang ingin melamar harus teruji dulu”, dalam pikirku “Cuma jangan galak-galak juga yaa….gimana jomblo yang tengah berjuang menjadi baik itu? Jika harus di bully lagi dalam proses menggapai cinta halalnya?, kan semasa jomblo yang istiqomah itu sudah cukup membentuknya menjadi seseorang yang teguh…ciyeee..hahahah.

Namanya niat baik kan harus disambut baik pula, lelaki yang mau menyerahkan diri jadi menantu itu perlu diapresiasi juga. Ini kan nikah, bukan nikah-nikahan macam main baju-baju semasa kecil dulu. Lembaga pernikahan itu abadi, jadi jika ada lelaki yang berikrar serius jangan dipersulit, kayak macam birokrasi kita aja.

Kami termasuk saya, yang berusaha menjadi jomblo-jombo yang ingin serius mestinya diberdayakan layaknya di bully-dayakan (artinya: dibully untuk menjadi lebih berdaya). Seorang bapak ingin menjaga anak gadisnya wajar sih, kami terima. Tapi jangan susah-susahlah syaratnya yaa…. Ingat lho, kata mbah tedjo “ jangan sampai si anak gadis Cuma bisa bersedih menyonsong usia yang terus beranjak ke arah pewaran tua.
Oke, untuk perspektif baru tentang bully dari mbah tedjo saya sepakat. Itu dilakukan untuk mengetes kekokohan niat tapi, bukannya untuk mempersulit jalannya niat heheh….hidup jomblo pejuang!


#FreeWriting
#MengikatMakna
#RoenaBuriya
#ButonRayaEducare

Komentar

Tulisan Populer

Katange dan Ekspresi Cinta Ala Orang Buton

Jika anda orang buton, tentu tak asing dengan istilah katange. Sedikit memberi penjelasan, bahwa katange itu sebutan untuk bingkisan makanan yang dibawa pulang oleh tamu setelah menghadiri hajatan. Nah, dalam beberapa hajatan masyarakat buton, biasanya katange ini menjadi aturan wajib bagi tamu untuk dibawa pulang. Pernah tinggal dan berinteraksi dengan orang jawa, selama beberapa tahun di solo untuk berkuliah. Saya pun mendapati hal seperti ini, hadiri tahlilan pulang-pulang di beri sekantong roti. Ini berkah bagi anak kost. Setidaknya kopi manis jomblo dipagi hari kita, kini gak jomblo lagi dengan kehadiran roti dari tahlilan. Entah namanya apa?, tapi di buton itu disebut katange. Saya paling suka bagian ini. Dahulu, ketika bapak atau kakek atau siapapun itu, selepas pulang dari hajatan (orang buton menyebutnya haroa) pasti menentenga tas plastik berisi macam-macam penganan khas orang buton. Sasaran incar saya, kalau bukan onde-onde yaaa....pisang goreng tanpa tepung, atau disebut

JANGAN MENGUTUK SEPI DI TENGAH KERAMAIAN

Merasa sepi adalah bagian dari esensi kepemilikan rasa oleh manusia, namun terkadang perasaan sepi menjadi bagian penghalang terhadap sesuatu yang lebih produktif. Perasaan sepi setidaknya pernah dirasa oleh setiap manusia. Berbagai macam alasan bisa muncul dari adanya perasaan sepi ini, mulai dari sesuatu yang termiliki hingga sesuatu yang menyangkut posisi keberadaan makhluk. Namun perasaan sepi dimaksud disini adalah perasaan sepi yang lain, bukan karena kesendirian disuatu tempat, tapi lebih menyangkut sesuatu yang termiliki dalam rasa (baca: hati).

Nyanyian Bocah Tepi Pantai

Gambar disini Diantara bagian pulau yang menjorok kelaut, terselip sebuah kehidupan manusia sederhana. Bocah-bocah manusia yang menggambar masa depannya melalui langkah-langkah diatas pasir, mempelajari kehidupan dari nyanyian angin laut, dan menulisakan kisah melalui deburan ombak yang mengajari menggaris tepi daratan dengan buihnya. Hari-harinya dilakukan dilaut, berkomunikasi dengan laut sekitar. Setiap hal diberikan oleh laut, kecuali sesuatu yang selalu dinantikan mereka, sesuatu yang selalu dinanti anak manusia dalam hidup, dan menjadi kehidupan bagi generasinya mendatang, yakni sesuatu yang berwujud kesempatan. Kesempatan yang disebut kasih sayang Ina’ [1] mereka.